Makanan yang Aman Diberikan Saat Balita Diare

 On Selasa, 04 Oktober 2016  

Makanan yang Aman Diberikan Saat Balita Diare

Makanan saat balita diare Katalogibu.com – Diare merupakan sebuah gangguan pencernaan dimana sisa-sisa pencernaan yang kita keluarkan tidak berupa padat, namun cair. Biasanya diare juga diiringi dengan rasa sakit dan tidak enak di perut. Malah pada beberapa kasus yang lebih parah, diare ini juga disertai dengan gejala lain seperti muntah.
Tentu saja setiap orang tua akan khawatir bila mendapati buah hatinya, lebih-lebih bila masih balita atau bayi, menderita diare. Ada beragam faktor yang bisa menyebabkan terjadinya diare. Beberapa diantaranya adalah makanan yang tidak bisa ditoleransi oleh sistem pencernaan anak, seperti makanan berbumbu dan pedas, sari buah, atau alergi dan efek samping obat-obatan yang dikonsumsi. Bisa juga makanan yang tidak bersih dan telah terkontaminasi bakteri penyebab diare.
Umumnya anak akan menjadi lemas akibat rasa sakit di perut serta banyaknya cairan yang keluar. Karena itu penting bagi kita untuk memastikan bahwa buah hati kita tidak kekurangan cairan. Hal ini bisa dicapai dengan cara memberinya minum air dalam jumlah yang cukup. Dan sebagai tindakan pertama untuk meredakan diare, Anda bisa memberi anak oralit yang merupakan campuran dari air, gula, dan garam.
Selain memberi anak air dan oralit, Anda juga sebaiknya tetap memberikan asupan makanan pada anak. Meski kondisi pencernaan sedang terganggu, anak juga masih memerlukan nutrisi harian. Namun tentu saja Anda tidak bisa sembarangan dalam memberikan makanan pada anak. Anda bisa memilih memberi si Kecil makanan saat balita diare Katalogibu.com berikut.


Makanan yang sebaiknya diberikan pada buah hati Anda adalah makanan-makanan dengan tekstur lunak, seperti bubur dan nasi tim, sedangkan untuk lauknya jangan berikan anak makanan berlemak serta berserat tinggi. Kombinasi tersebut tidak akan membebani kerja sistem pencernaan yang sedang terganggu, sehingga anak akan tetap mendapat asupan nutrisi dan membuatnya lebih cepat pulih.
Untuk contoh makanan yang kaya lemak adalah santan, sedangkan makanan yang tinggi serat contohnya sayur kubis dan juga mangga. Kandungan serta tinggi biasanya dikenal sebagai jenis makanan yang sulit dicerna sehingga sistem pencernaan harus bekerja lebih berat. Makanan ini juga bisa merangsang gas dalam perut buah hati Anda, karenanya sebisa mungkin hindari jenis makanan ini agar diare anak Anda tak bertambah parah.

Itulah beberapa makanan saat balita diare Katalogibu.com, semoga informasi ini berguna untuk Anda.
Makanan yang Aman Diberikan Saat Balita Diare 4.5 5 Chesa Lavia Selasa, 04 Oktober 2016 Ketika balita terkena diare, Bunda pasti bingung sebaiknya makanan aa yang diberikan untuknya. Nah agar tidak bingung simak pembahasan berikut. Makanan saat balita diare Katalogibu.com – Diare merupakan sebuah gangguan pencernaan dimana sisa-sisa pencernaan yang kita keluarkan t...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar